Pengertian Data : Fungsi, Manfaat dan Jenis

Sejak dimulainya industri 4.0 era digitalisasi data adalah komponen penting untuk bersaing dengan kemajuan. Penguasaan ilmu data menjadi hal yang sangat diminati akhir – akhir ini.

Kini data tidak hanya digunakan oleh pihak akademisi, peneliti atau profesi tertentu yang terbiasa menggunakan data. Sehingga perlu diketahui pengertian dan jenis data untuk tahu bagaimana memanfaatkan data tersebut.

Pengertian dan Jenis Data

Data adalah fakta tentang suatu hal yang sedang atau sudah terjadi dalam bentuk berupa huruf, angka, simbol, gambar atau media lainnya yang menggambarkan fakta dari hal tersebut.

Data juga disebut informasi sesuai dengan tujuan penggunaan data tersebut. Apabila pengumpulan data ditujukan untuk menjawab pertanyaan, mengungkap peristiwa atau suatu kejadian maka data disebut informasi.

Perlu dilakukan proses pengolahan data dengan tujuan tertentu yang kemudian dimanfaatkan untuk menemukan informasi yang diinginkan.

Proses pengolahan data tersebut disebut analisis data. Hasil dari proses analisis data tersebut akan menghasilkan visualisasi atau gambaran peristiwa, kejadian atau kondisi maupun keadaan dari tujuan analisis data.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Pengertian jenis data menurut para ahli yang juga mempelajari mengenai data dan segala hal yang berkaitan dengan data tersebut.

William dan Sawyer

Data adalah kumpulan fakta – fakta yang diolah menjadi informasi.

Slamet Riyadi

Data merupakan informasi yang diperoleh dari proses pengamatan yang bisa berupa angka – angka atau lambang – lambang.

Arikunto

Definisi data adalah semua kata dan angka yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun informasi.

Merriam Webster

Data didefinisikan sebagai informasi faktual (pengukuran atau statistik) menggunakan melalui penalaran, diskusi atau perhitungan.

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut maka dapat diartikan bahwa data adalah sekumpulan fakta – fakta yang berupa kata, angka atau lambang yang diperoleh dari proses pengamatan untuk diolah kembali menghasilkan sebuah informasi.

Fungsi dan Manfaat Data

Pengertian Data : Fungsi, Manfaat dan Jenis

Fungsi dan manfaat dari data sangat penting untuk diketahui agar penggunaan informasi lebih optimal. Berikut ini beberapa poin penting fungsi dan manfaat dari data:

1. Sebagai Dasar Penetapan Perencanaan

Penetapan suatu perencanaan harus didasari dengan pengetahuan dan fakta yang dibutuhkan sehingga penting menggunakan data yang sifatnya relevan dan akurat.

2. Sebagai Acuan Pelaksanaan Kegiatan

Karena dalam pelaksanaan suatu kegiatan data memegang peranan penting untuk memastikan kegiatan berjalan dengan tepat, mengantisipasi adanya kendala yang mungkin terjadi atau memperbaiki keadaan apabila tidak sesuai dengan perencanaan.

3. Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

Peran data dalam pengambilan keputusan merupakan bagian yang penting karena data menjadi tolak ukur apakah keputusan yang diambil merupakan keputusan yang tepat. Sehingga dapat memperhitungkan dampak yang terjadi dari pengambilan keputusan tersebut.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Kesesuaian data yang tepat akan bisa menjadikan bahan proses evaluasi yang akurat sehingga dapat meminimalisir kekeliruan, kesalahan atau ketidak tepatan perencanaan, kegiatan atau keputusan.

Jenis – Jenis Data

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat data maka perlu juga diketahui macam – macam data sebagai bahan analisis penelitian.

1. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Sumber data bisa dilihat dari objek penelitian yang dibagi menjadi dua yaitu sumber internal dan sumber eksternal.

  • Sumber Internal Data

Sumber internal data adalah sumber data yang didapatkan dari internal tempat penelitian atau organisasi yang diteliti. Contoh data karyawan, kepuasan kinerja, gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan sebagainya.

  • Sumber Eksternal Data

Sumber eksternal data didapat dari luar tempat objek penelitian atau organisasi penelitian. Contoh analisa kompetitor bisnis, kepuasan pelanggan, penjualan produk kompetitor, kondisi geografis dan masih banyak lagi.

2. Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Anda dapat melihat metode penelitian yang anda gunakan dalam penelitian untuk memutuskan menggunakan perolehan data primer atau sekunder.

  • Data Primer

Cara memperoleh data primer sendiri bisa dilakukan perorangan atau kelompok langsung pada objek penelitian. Contoh data primer yaitu kuesioner, wawancara atau data hasil survey.

  • Data Sekunder

Data sekunder ini bersifat umum dan tidak harus didapatkan  langsung dari objek penelitian bisa juga dari penelitian sebelumnya. Contoh laporan beberapa tahun sebelum waktu penelitian, dokumentasi data, data organisasi yang bersifat umum seperti laporan keuangan IDX.

3. Jenis Data Berdasarkan Sifat

Sifat data disini menjadi penentu bagaimana metode penelitian akan berlangsung, terdapat dua sifat yaitu kuantitatif juga kualitatif dapat dilihat dari latar belakang dan tujuan penelitian yang ingin dicapai.

  • Kuantitatif

Kuantitatif data ini merupakan data yang bersifat memiliki satuan ukur yang jelas artinya pengukuran data kuantitatif didasarkan pada angka yang jelas. Contoh demografik, laporan keuangan, laporan hasil penjualan, nilai siswa dan sebagainya

  • Kualitatif

Kualitatif data merupakan data yang bersifat relatif, memiliki satuan ukur yang berdasarkan kualitas dan deskriptif. Contoh data kualitatif yaitu kepuasan pelanggan, gaya kepemimpinan, kinerja karyawan dan sebagainya.

Kesimpulan

Pembahasan mengenai pengertian dan jenis data serta penjelasan beberapa ahli mengenai data. Dapat disimpulkan data adalah sekumpulan fakta – fakta yang berupa kata, angka atau lambang yang diperoleh dari proses pengamatan untuk diolah kembali menghasilkan sebuah informasi.

Data juga memiliki manfaat dan fungsi sebagai dasar perencanaan, acuan kegiatan, dasar pengambilan keputusan dan bahan evaluasi. Selain itu terdapat macam – macam jenis data berdasarkan sumber, cara memperoleh dan sifatnya.

Diharapkan dengan anda mengetahui dan memahami data maka pemanfaatan data akan menjadi lebih tepat guna.